Halaman

Minggu, 07 Oktober 2012

BEBERAPA MASAKAN KHAS BALI

Lawar
       Selain Babi Guling, Lawar juga merupakan makanan khas Bali yang favorit. Lawar dibuat dari campuran daging (babi atau ayam), nangka muda, pepaya muda dengan-  basa genep - bumbu lengkap Bali. Lawar biasanya dihidangkan sebagai lauk pauk dalam keseharian dan disantap sehabis melaksanakan upacara adat dengan cara prasmanan.
Lawar di bali umumnya dibuat untuk upacara agama dengan campuran darah segar Babi. Namun,  kini Lawar telah juga menjadi menu favorit yang disukai banyak orang. Berbagai olahan pun dibuat tanpa memakai darah lagi. Umumnya campuran yang dipakai sebagai bahan diantaranya daun belimbing, nangka, klungah(kelapa muda) yang menawarkan rasa yang berbeda-beda. Rasa pedas yang begitu terasapun, kini telah disesuaikan dengan “lidah” para pencinta masakan khas Bali umumnya.


 IKAN BAKAR JIMBARAN
         ikan Bakar Jimbaran menyajikan seafooddengan racikan bumbu khas Pulau Dewata. Ikan Bakar Jimbaran ini memiliki berbagai pilihan hidangan seafood segar dengan menu unggulan seperti: Grill Fresh Tiger Prawn dengan Saus Jimbaran, King Crab Black Pepper Sauce dan Live Shell dengan bumbu rajang. 



BABI GULING
       Babi guling (di Bali disebut be guling) adalah sejenis makanan yang terbuat dari anakbabi betina atau jantan yang perutnya diisikan dengan bumbu dan sayuran seperti daunketela pohon dan lalu dipanggang sambil diputar-putar (diguling-gulingkan) sampai matang dengan ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi kecoklatan dan renyah. Awalnya babi guling pada mulanya digunakan untuk sajian pada upacara baik upacara adat maupun upacara keagamaan, namun saat ini babi guling telah dijual sebagai hidangan baik di warung-warung, rumah makan, bahkan hotel-hotel tertentu di daerah Bali.


Sate Lilit
    Berkunjung ke Bali, surga yang ada tak hanya pemandangan atau belanja sepuasnya. Anda juga bisa berwisata kuliner di Pulau Dewata, salah satunya sate lilit. Sate ini merupakan salah satu makanan khas Bali yang penyebarannya hampir di seluruh Bali. sate ini digunakan sebagai hidangan dan sajian pada upacara keagamaan. Sebagai hidangan sate languan sebaiknya dihidangkan dalam keadaan panas (segera setelah dipanggang). Sate hanya dapat tahan sampai satu hari tidak rusak.

Kalau anda belum mengenalnya, sebaiknya anda menyempatkan diri untuk mencicipinya di kunjungan anda berikutnya, karena sate lilit merupakan salah satu kuliner Bali yang sangat populer, baik di kalangan masayarakat Bali sendiri maupun di kalangan turis, termasuk turis mancanegara. Sate lilit dengan mudah dapat kita temukan dari pedagang yang berjualan ala kaki lima, warung makan, sampai restoran papan atas termasuk yang merupakan bagian dari hotel bintang lima. 







Ayam Betutu

   Betutu adalah cara masak untuk ayam dan bebek yang sangat khas Bali. Seperti juga gerang asem khas Bali yang berbumbu komplet, ayam betutu Bali juga sangat kaya bumbu. Ayam betutu merupakan hidangan khas Gianyar yang menjadi kebanggaan orang Bali. Di Pasar-pasar tradisional di Bali, tidak sedikit kekhasan dalam cita rasa masakan yang cenderung menyajikan kelezatan cita rasa yang ditampilkan oleh bahan pokok makanan itu sendiri maupun bumbu yang dipergunakan untuk meracik makanan, Salah satunya adalah ayam betutu.


Tipat Cantok
Tipat cantok ato nama lainnya Ketupat Cantok adalah makanan merakyat. Dikatakan merakyat karena masakan ini sangat mudah dijumpai disetiap daerah di Indonesia dan harganya sangat terjangkau disemua kalangan masyarakat.
Tipat cantok adalah nama makan di Bali tetapi kalau di daerah lain namanya Gado-gado karena makanan ini terdapat campuran ketupat, sayur-sayuran,dan bumbu kacang yang dihaluskan.
Tipat cantok ini terbuat dari Ketupatyang dipotong kecil-kecil. Bumbunya yang khas di ulek diatas Cobek (dalam bahasa bali) sangat menggugah selera makan Anda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar